Pages

September 4, 2014

Gelang Lucu Nan Berbahaya

Gelang Lomm Band \ Rainbow LOOM Adalah gelang yang sangat digemari anak - anak dari usia sd sampai sma karna warna nya yang bervariasi / berwarna warni . tapi dibalik itu dia juga menyimpan berbagai macam bahaya seperti pemicu kanker dan sebagainya . untuk lebih lanjut silahkan baca artikel ini sampai bawah !!

Cipondoh, SMPN10 Tangerang ,
 Kandungan bahan beracun penyebab kanker ditemukan pada charms atau aksesori gelang warna-warni loom band. Gelang loom band sendiri diklaim aman karena terbuat dari karet, bukan dari plastik yang mengandungphthalates.

"Kalau loom band-nya sendiri aman. Bahannya dari karet," tegas Joel S dari Rainbow Loom Indonesia, saat dihubungi DINAS, Senin (1/9/2014)

Di Inggris, charms atau aksesori gelang loom band ditarik dari peredaran oleh jaringan toko mainan The Entertainer karena mengandung racun berbahaya phthalates. Senyawa tersebut digunakan di industri untuk membuat plastik agar lebih fleksibel.

Pada kadar tertentu, senyawa phthalates bersifat karsinogenik atau bisa memicu kanker. Hasil pengujian The Birmingham Assay Office pada sejumlahcharms gelang loom band menemukan kandungan phthalates sebesar 40 persen, jauh lebih tinggi dari ambang batas yang ditetapkan Uni Eropa yakni 0,1 persen.

Selain pada charms, senyawa phthalates bisa ditemukan juga pada karpet dan produk-produk rumah tangga. Bahkan, senyawa ini dipakai juga dalam produk kosmetika seperti cat kuku dan hair spray.

Terkait kandungan phthalates dalam charms gelang warna warni loom band, Joel juga menyampaikan bahwa produk yang dijualnya juga mengantongi sertifikasi dari pabrik sehingga terjamin keamanannya. Sayangnya dari pengamatan Anonymous002 di sebuah toko mainan di Mal Kota Kasablanca Jakarta Selatan, produk-produkloom band umumnya tidak mencantumkan logo SNI (Standar Nasional Indonesia) di kemasannya.

Dan Yang lebih parahnya lagi , di sekolah admin , ( UPTD SMPN10 Tangerang Akreditasi A ) Banyak orang yang membagi-bagikan gelang lucu nan berbahaya ini . Bahkan di sekolah admin pun sudah mulai melakukan razia gelang loom band di setiap jam masuk sekolah . 

No comments:
Write comments

Recommended Posts × +